Jumat, 20 Februari 2015

Cerita di Balik Keindahan Kupu-Kupu




Kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang unik dan cantik, coba perhatikan betapa indahnya kupu-kupu tersebut. Terlihat begitu cantiknya corak warna warni pada bagian sayapnya, apalagi saat terlihat kupu-kupu tersebut sedang hinggap di pucuk bunga sambil menggepak-kepakkan sayapnya, pasti kalian akan terkagum-kagum melihatnya.

Setiap orang pasti menyukai hewan ini, tahukah kalian bahwa sebenarnya proses untuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik tersebut, dia harus melalui fase-fase yang sulit.

Pada prosesnya yang cukup panjang dan lama namun sederhana. Yaitu dari proses telur yang menetas setelah 3-5 hari dan menjadi larva, setelah menetas larva akan mencari makanan serta berganti kulit antara 4-6 kali. Ketika larva mencapai pertumbuhan maksimal, dia akan mencari tempat berlindung dan merekatkan diri pada sebuah ranting.

Dalam fase ini larva memasuki fase prepupa (akan menjadi kepompong). Setelah menjadi kepompong atau pupa yang berlangsung selama 7-20 hari, ini merupakan proses pembentukan serangga yang sempurna. Dan kemudian menjadi seekor kupu-kupu dewasa atau disebut fase imago. Kupu-kupu tersebut tumbuh menjadi hewan yang cantik dan terbang kesana kemari dan disukai banyak orang. Dalam fase ini, Kupu-kupu hanya mempunyai umur yang singkat, kupu-kupu dewasa hanya mampu hidup selama satu minggu. Namun, dengan umur yang singkat itu apakah kupu-kupu tahu kalau dia memeliki sayap yang begitu indah?jawabannya adalah “kupu-kupu tidak tahu”.

Hikmah yang dapat kita ambil dari hewan kupu-kupu ini adalah untuk menjadi orang hebat harus melalui fase-fase yang sulit dan tidak menentu, selama kita berusaha dan tidak pantang menyerah maka kita akan bisa menjadi orang hebat. Dan setelah menjadi orang hebat jangan pernah menilai atau mengukur seberapa pintar dan seberapa tinggi ilmu yang engkau miliki, tapi biarlah orang lain menilai seberapa baik dan seberapa hebatnya diri kita. Karena apabila jika kita selalu melihat kelebihan kita sendiri, dikhawatirkan kita akan berlaku sombong. Jadi lakukan apa yang terbaik untukmu dan biarkan orang lain menilai dan melihat kinerjamu.

-          Semoga Bermanfaat      -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar