Minggu, 15 Februari 2015

Hikmah Bersyukur Yang Menyentuh Hati


Mungkin setiap orang memimpikan untuk hidup yang bergelimpangan harta, serba berkecukupan, hidup dalm kemewahan, memiliki istri yang cantik, anak-anak yang baik, mobil yang canggih dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sesungguhnya semua itu tidak bisa menjamin orang untuk memilikinya, merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Hikmah bersyukur setiap saat

Ada sebuah cerita mengenai hikmah bersyukur dari negeri China kuno. Disebuah perkampungan tinggallah seorang saudagar bersama seorang anak lelaki yang mempunyai peternakan, serta perkebunan yang luas. Mereka menjalani segalanya dengan baik, dan bersyukur atas segala yang telah mereka terima.
Pada suatu hari, masuklah seekor kuda liar ke dalam kandang milik saudagar tersebut. Melihat hal tersebut, tetangga saudagar mengatakan “sungguh beruntung karena Tuan mendapatkan seekor kuda tanpa harus bersusah payah membeli atau menangkapnya”. Mendengar hal tersebut Sang Saudagar berkata “Terima kasih, semua itu memang suatu berkat,tapi samua itu pasti ada hikmahnya”.
Setelah kuda dirasa telah cukup jinak, Sang Putra Saudagar mencoba menungganginya, namun malang, kuda tersebut memberontak dan membuat Sang Putra Saudagar tersebut terjatuh dan kakinya patah. Hal ini membuat tetangga saudagar itu mengatakan “Betapa malang nasip putra Tuan”. Sang Saudagar menjawab, “Terima kasih atas perhatiannya, ini merupakan suatu kecelakaan, namun semua ini pasti ada himahnya”.
Mungkin dapa dibayangkan kesusahan yang dihadapi putra saudagar tersebut, namun sang saudagar tersebut tetap bersyukur, karena percaya akan ada hikmah dan berkat yan gdidapatkan dari kejadian itu.
Selang beberapa tahun, terjadilah peperangan hebat. Seluruh lelaki muda yang berbadan sehat dan tidak cacat , wajib mengikuti program wajib militer untuk perang. Akhirnya putra saudagar tersebut dapat selamat dari peperangan tersebut karena cacat kakinya.
Dari cerita diatas, dapat disimpulkan bahwa kita harus senantiasa tetap bersyukur dalam hal apapun, karena semua kejadian yang terjadi kepada kita pasti akan ada hikmahnya. Semoga dapat menggugah hati kita untuk selalu bersyukur dan tidak mengeluh atas berbagai kejadian yang sedang kita alami, dari kejadian baik maupun buruk.

Kutipan cerita dari ”4 Rumus Canggih meraih kebahagiaan hidup dan akhirat”.

1 komentar: